Rabu, 18 Oktober 2017

rangkuman kuliah umum

rega021196.blogspot.com


pembicara : Prof . Hj . Isnawijayani . M.SI . PH.D

Assalamualaikum wr.wb
  Perkenalkan nama saya Rega,dalam blog ini saya akan memaparkan analisa dari kuliah umum ilmu komunikasi yang bertempatkan di Aula Ismail Djalil pada tanggal 12 oktober 2017.Berikut topik pembahasan "PERAN PENTING KOMUNIKASI DI KOTA PALEMBANG UNTUK MENDUKUNG 18th ASIAN GAMES 2018. Dan di dukung oleh pariwisata wonderful indonesia.



      Siapa yang tidak bangga menjadi penduduk sumatra selatan?faktanya.

Pada tahun 2018 sumatra selatan akan menjadi tuan rumah dalam pesta olahraga internasional yaitu ,18 th asian games.

Di sumatra selatan banyak sekali menghasilkan hasil bumi dan bnyak pula terdapat objek-objek wisata yang wajib di kunjungi.Berikut nama-nama objek wisata dan sejarah di sumatra selatan  :


1. Jembatan sungai musi (Ampera)
2. Masjid cheng hoo Palembang
3. Bukit siguntang
4masjid agung sulyan mahmud baddaruddin I
5. Museum Sultan mahmud   baddaruddin II
6. Benteng kuto besak
7. Gedung kantor walikota palembang
8. Taman kambang iwak
9. Taman wisata alam punti kayu
10. Taman purbakala kerajaan sriwijaya
11. Kampung kapitan
12. Monumen perjuangan rakyak (monpera)
13. Pulau kemaro
14. Air terjun lematang indah
15. Gunung dempo
16. Air terjun bidadari lahat
17. Air terjun maung
18. Arung jeram sungai manna
19. museum tekstil
20. Museum bela putra dewa
21. Kawah tengkurep
22. Kampung arab al munawwar 13 ulu
23. Sungai gerong
dll.



Nah ini semua adalah tujuan wisata dan kuliner yang akan di kunjungi oleh wisatawan,apa lagi nanti kalau asian games.Jadi itulah yang harus di siapkan dan di perbaiki  oleh wisata kota palembang.


Perlu do ketahui berikut adalah arah kebijakan pariwisata provinsi sumatra selatan 2015--2025.

DESTINASI
Menetapkan destinasi pariwisata daerah,kawasan pariwisata daerah dan menerapkan pengembangan daya tarik wisata dengan pemetaan pengembangan destibilitas


PEMASARAN
Menetapkan sinergitas dan antar pelaku kepariwisataan provinsi sematra selatan

INDUSTRI
Penciptaan iklim investasi kepariwisataan yang sehat melalui penetapan kebijakan yang mendukung aktivitas investasi


KELEMBAGAAN
Membangun sistem dan jaringan komunikasi diantara seluruh solidaritas dalam melaksanakan pembangunan wisata.Pemecah dalam krlembagaan melalui : media,komunikasi,akademisi,industri dan pemerintah.




Branding Image Dan Citra Pariwisata Kota Palembang Dalam Asian Games 2018 Serta Kajian Komunikasi


Ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang tata cara berkomunikasi,setta menggunakan berbagai alat komunikasi sebagai saran komunikasi terhadap masyarakat. Bisa Melalui media tertulis,lisan maupun media yang lainnya.


Pengertian Ilmu Komunikasi Menurut Harol D.Lasswell

Menjelaskan pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa? Mengatakan apa? Dengan saluran Apa? Kepada siapa? Dengan akibat atau hasil apa? (Who? Says what? In which channel? To whom? Wit what effect?).

           Analisa  5 unsur menurut Harol D.Lasswell (1960)

1. Who? (Siapa/sumber)
2. Says what?(pesan)
3. In which channel?(Saluran/media)
4. To whom?(Untuk siapa/penerima)
5. What with effect?(dampak/efek)


Membahas sedikit tentang branding,memgapa kita harus membranding? Membranding adalah merk yang di miliki seseorang,oleh perusahaan,oleh wilayah ataupun institusi-institusi tersendiri.Branding itu diiringi dengan kegiatan-kegiatan komunikasi,dan cara yang bagus itu ialah melalui media untuk menyebar luaskan   branding tersebut.Sekarang ada media konvensional yaitu : televisi,radio,film,surat kabar dll.


Di dalam komunikasi ada istilah yang di kenal dengan,Berpikirlah seperti orang jawa,Berbahasalah seperti orang sunda,Dan bertindaklah seperti orang batak .Jika itu yang ada pada diri kita sekarang maka asian games branding ini akan membawa hasil yang sangat baik .


Syarat dalam branding

     Sesuai target paaarnya orang asing,terasosiasikan oleh defferensiasi usahakan hindari Singkatan konsonan dan hi dari membuat angka aneh.

Setelah membranding diri,maka kita akan memiliki citra (image) terhadap masyarakat.


Cara memperoleh citra/image:
• Public understanding
• Public condifence
• Public suport
• Pilublic cooperation
Citra/image menurut frank jefkins :
  The mirror image
  The current image
  The curporate image
  The product image
  The multiple image


Akhirnya bahwa ilmu komunikasi itu tidak bisa berdiri sendiri ,nantinya setelah Perkembangan tekhnologi media ini harus bersentuhan dengan bidang-bidang lainnya.karna itulah kemajuan tekhnologi,nah kita tidak harus bertanya.Inikah ilmu komunikasi  tapi ilmu komunikasi itu hidup diantara kita dan diantara tekhnologi yang semakin canggih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ANALISIS FILM JOMBLO

  rega021196.blogspot.com Analisa Film "JOMBLO" Assalamualaikum Wr. Wb. Perkenalkan nama saya rega,kali ini say...